banner header web design web design seo
Tip Formating Untuk Mempercepat Acces Website Anda
28-05-2008

Ketika kita membuat sebuah website, hal perlu diperhatikan adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman tersebut, atau kita sebut kecepatan acces webpage.Ketika pengunjung makin sensitive, maka biasannya mereka tidak sabar untuk membuka halaman website yang lelet bin lambat.Jadi hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung website kita yang menjadi tolok ukur keberhasilan kita membangun sebuah website.

Ada beberapa macam yang mempengaruhi kecepatan acces webpage, tetapi yang akan kami bahas disini adalah hanya mengenai formating berhubungan langsung dalam proses mendesign sebuah website. Ada beberapa cara formatting untuk mempercepat acess webpage dalam mendesign sebuah website, antara lain:

  1. Mempergunakan formatting CSS Dengan mempergunakan CSS, akan sangat membantu dalam mempercepat acess webpage.Hal ini karena CSS ditempatkan sebagai external file, sehingga semua format halaman web akan terekam dalam cache dan tidak perlu membaca ulang sewaktu membuka halaman lainnya.Selain itu hal ini akan memperpendek penggunaan tag yang panjang dengan cara mengganti format class style yang pendek.
  2. Mempergunakan external file. Bila anda mempergunakan script yang sama untuk setiap halaman, kita harus mempergunakan sebagai external file.Misalnnya kita mempergunakan javascript sebagai external file, sbb:
  3. Buang sesuatu yang sebenarnnya tidak anda butuhkan. Penggunaan image, flash, atau bahkan sound file pada sebuah website akan memberikan hasil yang sangat impresive. Namun demikian ada sisi yang perlu dikorbankan apabila anda berniat mempergunakan fasilitas tersebut yaitu kecepatan acces webpage, karena file tersebut akan membutuh relative lama, dibandingkan script html ataupun CSS. Selain itu kami merekomendasikan untuk tidak menggunakan navigasi bar dari jenis image.Tetapi apabila menghendaki hasil yang lebih baik, anda bisa mempergunakan CSS untuk membuat simple anamasi untuk navigasi bar tersebut. Untuk hal ini kita harus bijaksana untuk mengaplikasikan file-file image, flash dan sound. Selain itu kamitekankan lagi bahwa tolok ukur keberhasilan kita membuat website adalah jumlah pengunjung dan bukan artistik dari website kita.
  4. Optimasi file image . Sepertinnya susah untuk menghindari penggunaan file image dalam pembuatan file image. Untuk itu kita seharusnnya mengupayakan supaya file image tersebut optimal (kecepatan access max.). Diantarannya dengan cara berikut: a. Definisikan tag width, dan atau height dari file image yang kita buat. Dengan cara ini browser bisa mengetahui ukuran file image yang akan ditampilkan.kalau tidak. b. Kurangi ukuran file size. Banyak beberapa software yang bisa untuk dipergunakan untuk melakukan optimasi file image size ini, sehingga bisa diperoleh file image size yang optimal. c. Saring kembali apakah file image yang akan pergunakan benar-benar diperlukan.
  5. Hindari nested table Kenapa kita harus menghindari penggunaan nested table?. Dengan mengunakan table didalam tabel (neste table), akan diperlukan waktu yang lebih lama untuk meng-acces halaman tersebut.Hal ini karena browser harus menyelesaikan untuk membaca semua script HTML baru menyusun layoutnnya.
  6. Bagi halaman yang sangat panjang. Dengan membagi satu halaman yang panjang menjadi beberapa halaman, akan mempercepat acces web page.Selain itu hal ini akan mempermudah untuk membacanya .
  7. Buang kelebihan "whitespace". Yang kami maksud "whitespace" adalah ruang diantara script yang anda buat. Hal ini akan memperkecil file yang anda buat.
  8. Jaga script yang anda buat bersih. Yang kami maksud bersih adalah tidak mengandung script yang tidak berarti (misalnnya ).

Semoga artikel ini bermanfaat seseorang di dunia cyberland ini.

(Author by HendroBC at Palapastudio.com)


Bookmark and Share