banner header web design web design seo
Simple VS Complete
05-03-2008

Dalam web design, kita akan dihadapkan pada permasalah besar yang dilematis. Permasalahan yang kami maksud adalah apakah kita seharusnya menempatkan semua content sebanyak banyaknnya dalam halaman web kita serta menempatkan file image dan animasi untuk tujuan artistic.Ataukah seharusnnya kita menempatkan content yang hanya focus pada core bisnis kita saja dan menghindari penempatan file image dan animasi.

Dalam gambaran aplikasi web design dimasa sekarang, kita bisa melihat contoh Yahoo VS Google. Seperti kita ketahui bahwa begitu kita buka halaman depan www.Yahoo.com kita langsung mendapatkan content yang banyak sekali, diantarannya news, search portal dan beberapa produk merchandise. Sedangkan kalau kita buka halaman depan www.Goggle.com kita hanya mendapatkan content yang sangat simple, yaitu search engine portal. Kalau kita lihat dari bidang bisnis kedua perusahaan tersebut sebenarnnya tidaklah begitu berbeda. Misalnnya Yahoo mempunyai bisnis utama dibidang advertisement dengan menyajikan search portal dan merchandise, sedangkan Google hanya focus pada bidang advertisement dengan menyajikan search engine portal.

Dalam kenyataannya sepertinya kedua perusahaan tersebut menyadari kelemahan dan keunggulan desain mereka. Sehingga mereka saling menonjolkan semua kelebihannya dan menyembunyikan kekurangannya. Hal ini bisa kita cermati dari desaign yahoo yang mengurangi file image besar pada halamannya, dan desain header yang terkesan simple. Sedangkan dari sisi google selalu menambah content layanannya meskipun selalu menghindari penempatan file image dan animasi. Lalu bagaimana sebaiknnya kita menyajikan tampilan website kita?.

Jawaban pertanyaan tersebut sangat tergantung pada jenis bisnis utama kita. Pada dasarnnya kita bisa mengambil contoh dari pemain yang telah teruji oleh pasar seperti kami sebutkan kedua web tersebut diatas. Kami telah mencoba untuk mengelompokan apa yang baik dan tidak baik dalam mendesign sebuah website dengan mencontoh kedua website tersebut, antara lain berikut ini 5 item yang terpenting:

  1. Hindari penggunaan pemakaian file image ( photo) yang terlalu besar. Meskipun dengan menampilkan sebuah image akan mudah dimengerti oleh pengunjung serta menapilkan artistic yang bagus, namun demikian halaman web tersebut akan membutuhkan waktu yang lama untuk ditampilkan. Dari beberapa sumber yang kami peroleh, kebanyakan browser (pengunjung) tidak mau menunggu lebih dari 1 menit untuk membuka sebuah halaman web, kecuali dengan terpaksa.
  2. Hindari penggunaan animasi navigasi bar dengan menggunakan image.Seperti kita ketahui ada beberapa software untuk desaign grafik yang menawarkan pembuatan secara otomatis untuk pembuatan animasi button, pop-up menu dan yang sejenisnnya. Selain dari hasil yang kurang memuaskan ( huruf dalam image ditampilkan kurang jelas), hal tersebut akan membuat halaman akan lama untuk di buka. Untuk pengantinnya kita bisa gunakan kombinasi HTML script, Java Script dan CSS.
  3. Hindari penggunaan background dengan menggukan image. Bila kita ingin menggunakan background sebaiknnya kita pergunakan HTML script saja. Meskipun tampilan background dengan menggunakan image akan diperoleh hasil yang artistic, hal ini justru akan menjadi boomerang yang akan merusak tujuan kita untuk membuat sebuah web site. Hal ini disebabkan akan membuat halaman web tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk di buka.
  4. Hindari peggunaan animasi flash. Animasi flash akan membuat halaman kelihatan sangat dinamis dan menarik, namun demikian untuk membuka sebuah halaman dibutuhkan sebuah program mini tambahan yang biasa kita sebut plug in yang harus terinstall dengan software browser. Seperti kita ketahui bahwa plug in ini terpisah dengan software browser. Jadi kita harus mendownload terlebih dahulu dari halaman penyedia plug in tersebut secara gratis. Sebenarnnya kita bisa membuat program untuk otomatisasi mendownload plug in dari halaman penyedia, apabila kita mendapatkan browser yang belum mempunyai plug in tersebut, tetapi akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Jadi penggunaan animasi adalah merupakan penghalang bagi pengunjung. Saya menganalogikan penggunaan flash dalam website sama dengan sebuah restoran yang mensyaratkan pengunjungnya memakai baju batik.
  5. Penempatan potongan content pada halaman depan adalah nilai yang sangat bagus dari sebuah web. Dengan tehnik ini pengunjung akan lansung bisa menuju halaman yang dikehendaki dari sebuah web site hanya dengan membuka halaman depan(index). Selain itu kita bisa menonjolkan contet yang kita kehendaki dan menempatkan potongan contet dihalaman ini . Design halaman depan adalah sangat penting dari keberhasilan tujuan pembuatan web site. Bahkan nilai dari keseluruhan web site bisa dilihat dari halaman depan ini. Hal ini bisa kita analogikan halaman depan dari website ini adalah sama dengan halaman depan dengan sebuah surat kabar. Bahkan keberhasilan sebuah proses SEO(Search Engine Optimation) akan ditentukan oleh halaman ini juga.

Dari tulisan diatas, adalah merupakan sebagian pengalaman yang kami dapatkan selama ini. Tentu saja hal yang kami anggap tidak baik belum tentu tidak baik pula untuk web site anda.Hal ini dikarenakan mungkin tujuan dari pembuatan website yang berbeda pula. Namun demikian, keberhasilan dari keseluruhan pembuatan website adalah bisa diukur dari jumlah trafik kunjungan pengunjung.Dengan membuat content yang lengkap namun mudah diakses akan membuat halaman web tersebut senang dikunjungi oleh pengunjung. Tentu saja hal ini juga tidak terlepas dari keberhasilan proses SEO(Search Engine Optimation).

Author:Hendro BC. at www.palapastudio.com


Bookmark and Share