banner header web design web design seo
Mengenal lebih jauh mesin pencari Google
05-07-2008

Tidak bisa dibantah lagi bahwa perkembangan website sampai tahap sekarang ini tidak bisa terlepas dari peran adannya mesin pencari (search engine portal).Coba kita bayangkan bila di dunia maya tidak ada search engine portal. Maka semua orang yang akan browsing di internet harus menghafal nama-nama domain yang akan dikunjungi, atau bahkan harus membawa sebuah daftar nama-domain seperti yellow page atau sejenisnnya. Tentu saja hal ini sangat merepotkan dan tidak menarik.

Dengan hadirnnya search engine portal akan sangat memudahkan pengguna internet untuk mencari website yang mempunyai layanan yang diinginkan. Misalnnya anda mau mencari "cabe" maka tinggal anda masukan kata "cabe" pada search engine portal, maka akan terlihat semua alamat website yang menulis tentang "cabe". Mudah sekali..!

Dari petikan diatas, tidak mustahil jika hasil survey juga mengkonfirmasikan bahwa 85% para pengguna internet memanfaatkan search engine portal ini untuk menemukan sebuah alamat website untuk dikunjungi. Pada saat ini, hampir semua web master (pemilik web) tidak bisa terlepas dari kehadiran search engine ini, untuk bisa mengambil keuntungan dari keberadaannya. Selain itu tentu saja untuk sebaliknnya bagi perusahaan pemilik search engine portal juga memainkan bisnisnnya untuk meraup keuntungan dari masyarakat dunia maya.

Ada banyak sekali search engine portal yang hadir di dunia maya sekarang ini. Kalau kita perhatikan ada pemain tiga besar yaitu Google, Yahoo dan MSN. Adapun Google adalah rajannya search engine untuk saat ini, dimana hampir dari semua pengguna internet menggunakan search engine ini di seluruh pelosok bumi. Bahkan kabarnnya search engine google ini telah bisa membawa pemiliknnya menjadi 10 besar orang terkaya di dunia. Wah-wah kok bisa ya..!?. Lha dari mana penghasilan dari google ?.

Google malakukan bisnisnnya bisa dilihat dari jenis layananya yaitu iklan seperti dalam bentuk Google adsense. Google memberikan layanan iklan yang dibayar setiap klik, artinnya google dibayar menurut jumlah klik pada iklan untuk menuju alamat website yang diminta. Karena jumlah pengiklan yang banyak, maka besar pula pendapatan mereka.

Google mempunyai lebih dari 10.000 komputer server yang tersebar dalam tujuh lokasi data center untuk melayani bisnisnnya.Ketujuh data center tersebut bekerja terpadu dan berlokasi terpisah, kebanyakan di Amerika dan sebagian di Eropa.Ketujuh data center tersebut mempunyai domain dan IP address sendiri, yaitu antara lain:

Domain IP Address www-ex.google.com 216.239.33.100

www-sj.google.com 216.239.35.100

www-va.google.com 216.239.37.100

www-dc.google.com 216.239.39.100

www-ab.google.com 216.239.51.100

www-in.google.com 216.239.53.100

www-zu.google.com 216.239.55.100

Untuk bisa menampilkan data dari sebuah website, tentu saja google perlu melakukan pengambilan data dari sebuah website yang telah di index . Proses pengambilan data ini kita sebut dengan "crawling" atau "spidering" atau "indexing". Jumlah kunjungan crawler ke sebuah web site bervariasi , dan kita bisa meminta ke crawler salah satunnya dengan mensetting bagian meta atau robot file. Tetapi permintaan ini tidak selalu akurat menurut permintaan kita, tapi hampir mendekati.

Hasil dari dari crawling ini disimpan oleh googel dalam bentuk cache memory.Namun demikian hasil crawling ini tidak serta merta akan di gunakan sebagai indexing update yang akan merubah hasil SERP (Search Engine Result Page) pada saat itu juga. Biasannya indexing update oleh Google bekisar setiap 10~30 hari, tergantung dari website yang bersangkutan.

Untuk mengetahui kapan indexing update terakhir dari sebuah halaman website oleh Google, bisa kita lakukan query(permintaan pencarian) nama domain website tersebut kedalam search engine Google . Setelah itu kita buka pada "chace file" atau "tembolok" (dari google.co.id), maka kita dapatkan seperti halaman website yang dituju tetapi memory ini disimpan oleh server Google. Pada sebelah pojok kanan atas dari halaman "tembolok" tersebut terdapat tanggal terakhir halaman tersebut dilakukan indexing update.

Untuk setiap harinnya Google melayani milyaran query dari pengguna dan milyaran crawling serta melakukan indexing update terabyte file hasil crawling. Wah-wah sibuk sekali….!. Maka tidak aneh kalau google tidak menyukai kalau ada user yang melakukan query yang berlabihan atas sesuatu yang bukan merupakan bisnis utamannya, misalnnya pengetesan dan sebagainnya.

Author : Hendro BC.


Bookmark and Share