banner header web design web design seo
Mengenal Google Sandbox Effect
08-04-2008

Mungkin banyak kebingungan dikalangan web master apakah google sandbox effect benar-benar ada?. Bahkan hal ini menjadi perdebatan yang tak berujung dari para web master di dunia maya.

Pada SEO (Search engine optimation) yang dilakukan terhadap web baru untuk portal search engine raksasa Google biasanya terjadi fenomena yang aneh. Setelah web baru tersebut terindex, kemudian setelah beberapa minggu kemudian akan mengalami drop terhadap Google SERP( Search Engine Results Pages) ranking. Bahkan tidak bisa dicari terhadap keyword yang telah dipasangkan pada meta.

Untuk itu akan sangat mustahil sebuah website baru bisa menempati rangking yang bagus untuk search engine portal Google. Hal inilah yang disebut fenomena Google sandbox atau Sandbox filter atau March filter. Ada pendapat bahwa Sanbox effect adalah cara Google untuk menertipkan para web baru supaya mau antri sehingga terlihat adil. Hal ini bisa diasumsikan bila ada orang buka sebuah toko baru tiba-tiba terkenal seluruh pelosok hanya dalam waktu yang singkat?.Tentu saja hal ini adalah sesuatu yang tidak wajar.!

Tapi diantara para webmaster, ada yang mengaku bahwa web yang dimilikinnya terhindar dari sandbox effect ini, jadi mereka berpendapat bahwa Sandbox effect tidak terjadi pada setiap website baru. Hal ini tentu saja menjadi issue yang sangat kotroversial. Istilah fenomena sandbox ini pertama-tama dipergunakan oleh para professional untuk mendeskripsikan fenomena aneh pada hilltop algorithm.

Pada November 2003, Google mengimplentasikan apa yang terkenal dengan sebutan "Florida Filter". Filter ini dipasang pada Google Algorithm untuk mengurangi spam. Florida Filter terbukti telah menyapu banyak sekali web toko online kecil yang ternyata tidak mengurangi jumlah spamer yang cukup berarti seperti yang diharapkan.Aktivitas para spamer telah menghasilkan milyaran link setiap harinnya untuk mendapatkan SERP( Search Engine Results Pages) rankings yang bagus.

Mungkin atas dasar inilah Google memutuskan untuk menghalangi website baru untuk mendapatkan SERP ranking yang bagus. Keberadaan waktu dipasangnya Google Sandbox Filter ini belum diketahui secara pasti oleh para professional SEO. Tetapi akibat effect yang telah timbul diperkirakan bermula pada March 2004 . Sehingga banyak kalangan professional SEO menyebutnnya March Filter.

Tentu saja anda akan bertanya-tanya, berapa lama effect sandbox ini biasannya terjadi pada sebuah website baru.Dari beberapa sumber yang kami dapatkan, ternyata hal ini juga beragam. Ada yang bilang 2~4 bulan, ada yang bilang 4~8 bulan, dan bahkan ada yang sampai 16 bulan masih terjebak dalam Sandbox.

Lalu apa yang perlu dilakukan ketika website kita masuk Google Sandbox ?. Tentu saja kita tidak bisa tinggal diam dan melewatkan waktu yang berharga. Kita masih bisa membangun back link secara wajar, misalnnya 2-4 link setiap minggunnya terhadap web yang mempunya PR(page rank) bagus. Sehingga ketika web site kita keluar dari penjara Google Sandbox langsung akan mendapatkan SERP rank yang bagus.Dengan cara ini juga ada yang mengasumsikan akan mempercepat keluar dari sandbox. Dari ulasan diatas kami simpulkan bahwa domain bekas ternyata lebih berharga dari pada domain baru. Untuk itu bersegeralah untuk mempunyai domain sebelum harus antri memasuki gerbang penjara Google sandbox. Semoga artikel ini bermanfaat untuk seseorang di cyberland ini.


Bookmark and Share