banner header web design web design seo
Cara Sukses Berbisnis di Jaman Online
29-02-2008

Seiring dengan perkembangan IT di masa sekarang ini, kepercayaan dunia usaha terhadap media internet mengalami perkembangan yang cukup pesat akhir-akhir ini . Hal ini kami kutip berdasarkann hasil survey yang dilakukan oleh Edelman Asia Pasifik. Berdasarkan hasil survey tersebut, media internet menempati 30% bagian dan menempati urutan kedua setelah media cetak pada tahun 2007.

Trend peningkatan ini memungkinkan untuk terus naik, karena ketersediaan infrastruktur dan ditunjang oleh harga hardware yang makin bisa dijangkau oleh masyarakat. Tidak bisa dibantah lagi bahwa dimasa sekarang, penggunaan media internet mutlak dibutuhkan oleh para pelaku usaha, kalu tidak pangsa pasarnya akan diambil oleh pesaing. Untuk itu salah satunnya adalah pembuatan portal website harus dilakukan. Pilihan ini dilakukan karena dengan mempunyai sebuah website, semua informasi perusahaan bisa disampaikan kepada pelanggan ataupun calon pelanggan. Dengan demikian jangkauan layanan informasi perusahaan bisa menjangkau ke semua pihak dimanapun berada, dan kapanpun juga atau dengan kata lain online.

Tentu saja dengan mempunyai sebuah portal website saja tidaklah cukup menunjang dari tujuan untuk menaikan pangsa pasar atau penjualan dari sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan terhadap banyaknnya traffic kunjungan terhadap portal website tersebut.Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk menaikan traffic kunjungan terhadap website tersebut.

Dari hasil survey yang kami dapat dari beberapa sumber, bahwa sebuah website dibuka dengan melalui sebuah referrer 80%~85% diantarannya dari sebuah search engine portal seperti Google, Yahoo , MSN dan lainnya. Hal ini "BERARTI 80%~85% PENGUNJUNG MENGGUNAKAN SEBUAH SEARCH ENGINE PORTAL UNTUK MENCARI SEBUAH PORTAL WEBSITE YANG DIKEHENDAKI". Dan data lain yang kami dapatkan bahwa "PARA PENGGUNA SEARCH ENGINE PORTAL HANYA SANGAT SEDIKIT YANG MEMBUKA HALAMAN DIATAS 15 DAN TIDAK PERNAH MEMBUKA HALAMAN KE 25 KEATAS PADA HASIL PENCARIAANNYA". Dari kutipan diatas juga bisa kami artikan bahwa "APABILA SEBUAH WEBSITE BERADA PADA URUTAN HALAMAN DIATAS 25 UNTUK KATA KUNCI PENCARIAN PADA BISNIS UTAMANNYA, HAMPIR BISA DIKATAKAN SAMA DENGAN TIDAK MEMPUNYAI WEBSITE. DAN APABILA SEBUAH WEBSITE BERADA PADA URUTAN HALAMAN DIATAS 15 UNTUK KATA KUNCI PENCARIAN PADA BISNIS UTAMANNYA, MAKA WEBSITE TERSEBUT TIDAK BERKONTRIBUSI TERHADAP KELANCARAN BISNIS". Untuk itu mutlak diperlukan usaha untuk mengupayakan supaya website tersebut diurutan atas pada hasil pencarian dari sebuah website.Pada saat ini, upaya tersebut biasa kita sebut "Search Engine Optimation" yang biasa disingkat SEO.

Untuk melakukan SEO terhadap sebuah website, juga tidak bisa terlepas dari proses web design itu sendiri. Hal ini dikarenakan optimasi dilakukan adalah mengkondisikan pada sebuah website itu sendiri supaya isinya mudah di mengerti dan bersahabat dengan sebuah search engine.Search engine secara berkala akan mengunjungi sebuah website untuk mendata atau melakukan index dari isi web tersebut. Dan apabila susunan dari isi dari website kurang baik, akan menghasilkan urutan halaman yang kurang baik pula.Selain itu hasil dari SEO juga tergantung dari variable diluar aktivitas web design, misalnnya link popularity, outbound link, anchor text yang dipergunakan, dsb.


Bookmark and Share